Membuang Air di Transmisi CVT Motor Matik, Gampang!
Seperti biasa musim hujan selalu hadir di penghujung tahun. Nah, buat pengendara motor khususnya skutik harus siap-siap nih dengan keadaan ini. Tak jarang, motor anda terpaksa harus melintasi genangan air yang cukup tinggi.
Masalahnya adalah jika air itu sampai masuk ke rumah CVT. Motor pun jadi ngadat padahal mesin masih menyala. waduh!
Gejala ini dikarenakan part di dalam CVT terendam air dan masuk melalui lubang sirkulasi di bagian konstruksi pada komponen pemindah daya. Alhasil, gerak putar puli pirimer dan sekunder yang ditopang V-Belt menjadi selip sehingga motor nggak mau jalan.
Kinerja puli jadi ngawur karena pada dasarnya komponen CVT sangat sensitif terhadap debu, oli dan air. Tapi tenang, masalah ini masih bisa diakali.
Caranya adalah buang endapan air di dalam rumah CVT lewat pembuangan yang tersedia. Jika sudah tidak ada yang tersisa, cobalah mengeringkannya dengan memanaskan motor sambil membuka gas secara perlahan. Jika roda belakang ikut berputar, tandanya V-belt sudah tidak bermasalah.
Yang tak kalah penting adalah membuang air di lubang pembuangan air. Pada Suzuki Skydrive misalnya, cukup membuka baut 8 berwarna krom yang ada di rumah CVT. Sedangkan di Honda Vario atau Yamaha Mio ada pipa L yang ditutup selang buntu. Lebih mudah mencirikan ada atau tidaknya air di rumah CVT. Selamat mencoba!
Artikel Lainnya

Sebaiknya Servis Berkala Motor Setiap
_250_150.jpg)
Federal Matic 30, Jaga Performa Motor
_736_478_250_150.jpg)
Cara Mudah Cek Barcode Federal Oil™

Komponen Motor Matic yang Wajib Diganti

Tips Perawatan Ban Agar Awet Digunakan

Wisata Religi di Serang, Cocok Untuk

Kebanggaan Federal Oil™ Atas Performa
