Ayo Kuasai Teknik Pengereman, Agar Keamanan Tak Hanya Sebagai Slogan
Fungsi pengereman adalah untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap.
Artinya, motor tak bisa langsung berhenti, menuju berhenti ada proses memperlambat laju secara bertahap.
Agar aman dan nyaman, melakukan pengereman bukan hanya asal sekedar menekan tekan tuas atau menekan tuas /pedal rem saja.
Salah memperlakukan rem, bisa-bisa terpelanting ke aspal, bahaya mengintai.
Mengerem yang benar-benar efektif adalah menggunakan secara bersamaan antara rem depan dan belakang, bukan mengoptimalkan salah satu.
Ada yang salah kaprah karena berpikir kalau paling efektif menghentikan laju sepeda motor dengan rem belakang.
Ternyata yang paling efektif untuk menghentikan laju kendaraan adalah rem depan.
Rem belakang tetap digunakan, namun sebagai penyeimbang.
Lebih jauh, penggunaan rem yang ideal adalah melihat situasi dan kondisinya.
Apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan.